Kali Ini, Antara Xperia V dan Xperia TX

DUA smartphone Sony berikut ini sudah masuk Indonesia pekan lalu. Xperia V dan Xperia TX namanya. Lalu, pilih mana antara kedua smartphone yang diperkenalkan Sony pada Agustus 2012 lalu itu?

Sebagai panduan Anda, xperiakita akan menurunkan perbandingan kedua smartphone tersebut.

Xperia TX (kembaran Xperia T) merupakan ponsel yang pernah mendampingi agen rahasia Inggris, James Bond, dalam film Skyfall. Berukuran 4,55 inci, Xperia TX dijual dengan harga Rp5,6 juta.

Sementara Xperia V ponsel Sony terbaru yang bisa diajak nyemplung ke dalam air, karena ia telah mengantongi sertifikasi antiair dan debu. Dengan luas bentang layar 4,3 inci, Xperia V dibenderol Rp5,3 juta.

Kedua telepon selular ini punya kelebihan masing-masing. Baiklah, mari kita lihat spesikfikasi utama Xperia V dan Xperia TX.

SISTEM OPERASI
Xperia TX dan Xperia V sama-sama berjalan di sistem Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Pekan lalu, Xperia V telah mendapatkan perbaruan OS menjadi Android 4.1.2 Jelly Bean. Sementara Xperia TX bakal mencicipinya pada Maret nanti.

PROSESOR dan RAM
Prosesor yang digunakan Xperia V dan Xperia TX sebenarnya nyaris sama, keduanya mengandalkan Snapdragon Krait 1,5GHz dual-core buatan Qualcomm. Namun, prosesor Snapdragon yang digunakan Xperia TX adalah MSM8260A dan Xperia V MSM8960. Keduanya juga dibekali dengan RAM 1 GB dengan GPU Adreno 225.

DISPLAY
Seperti telah dijelaskan di awal, dua smartphone ini punya bentang layar yang berbeda. Layar Xperia V 4,3 inci dengan dimensi bodi 129 x 65 x 10,7 milimeter. Beratnya 120 gram.

Layar Xperia TX sedikit lebih lebar, yaitu 4,55 inci, dengan dimensi bodi 131 x 68,6 x 8,6 milimeter. Ini mengakibatkan Xperia TX mempunyai berat 127 gram.

Teknologi yang digunakan di layar juga sama, yaitu Sony Mobile Bravia Engine berdefinisi tinggi (HD) 720p. Layarnya pun sudah antigores.

MEMORI
Xperia V punya internal memori seluas 8 GB dan bisa tambah hingga 32 GB via slot kartu memori eksternal.

Xperia TX punya ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB dan masih bisa penambahan hingga 32 GB.

KAMERA
Kamera utama kedua smartphone ini beresolusi 13 MP dengan 16 kali perbesaran digital. Dilengkapi pula sensor Exmor R yang memungkinkan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah. Yang sedikit berbeda, Xperia TX tidak mempunyai fitur HDR seperti yang dimiliki Xperia V.

KONEKTIVITAS
Konektivitas Xperia V mengandalkan DLNA, Bluetooth, GLONASS, MHL, NFC, USB, Wi-Fi, aGPS. Sementara Xperia TX juga sama, hanya saja Xperia TX bisa koneksi via port HDMI melalui dukungan MHL.

Kedua ponsel ini berjalan di jaringan telekomunikasi GSM 2G, 3G, hingga LTE. Hanya saja, Xperia TX minus jaringan LTE.

DAYA
Baterai yang dipasang di Xperia V berkapasitas 1750mAh yang bisa digunakan untuk waktu bicara 7 jam di jaringan GSM, UMTS. Kalau untuk dengar musik bisa hingga 18 jam dan empat jam saja untuk menonton video.

Sedangkan baterai Xperia TX berkapasitas 1750mAh yang bisa digunakan waktu bicara 6 jam 40 menit di jaringan GSM dan UMTS. Untuk musik dan video sama dengan Xperia V.

Tak jauh berbeda memang antara kedua ponsel ini. Hanya satu yang paling membedakan keduanya adalah: Xperia V telah mengantongi sertifikat IP55 dan IP57 yang membuat ia bisa dicemplungkan ke dalam air dan bisa terkena debu. Namun ingat, Xperia V hanya bisa digunakan di kedalaman tak lebih dari 1 meter selama 30 menit. Tidak dianjurkan penggunaannya di dalam air laut.

So, mau pilih mana antara gadget James Bond dengan ponsel yang bisa diajak serta ke kolam renang? []

Share on Google Plus

About Xperia Indonesia

Blog yang dikelola oleh Komunitas Xperia Indonesia. Berdiri sejak Desember 2011, xperiakita.com menyajikan ragam info dan rumor mengenai Xperia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment