Perbandingan Xperia Z dengan Galaxy S IV

SAMSUNG baru saja meluncurkan flagship terbaru mereka pada 14 Maret 2013. Galaxy S IV nama perangkat andalan Samsung dalam menghadapi kompetisi di pasar smartphone pada tahun ini. Galaxy S IV ramai diperbincangkang, jauh sebelum ia resmi diluncurkan. Lantas, bagaimana jika ia diperbandingkan dengan flagship Sony 2013, Xperia Z, yang diperkenalkan pada 7 Januari lalu?

Kami akan mencoba mengulas perbandingan Xperia Z dengan Galaxy S IV dari sisi spesifikasi. Sehingga, setidaknya, ini menjadi panduan bagi Anda dalam menentukan manakah produk yang layak mendampingi Anda mengarungi 2013 ini.

DESAIN
Desain Galaxy S IV tak jauh beda dengan Galaxy S III. Hanya beda di ukuran bodi dan layarnya saja. Menurut kami, desain ini terlalu biasa karena kita sudah sering melihat Samsung Galaxy S III sebelum-sebelumnya. Jadi, sebenarnya, tidak ada yang begitu membuat kami "wow" dengan desain penerus S III tersebut.

Bahan yang digunakan Samsung pada Galaxy S IV pun plastik sehingga kesan biasa saja muncul ketika Anda melihat ponsel ini. Bahan plastik inilah yang membuat Galaxy S IV diejek oleh petinggi HTC Ben Ho.

Sementara Xperia Z dibaluti oleh bahan kaca yang diklaim tahan lama dan antigores. Balutan kaca di bagian belakang, menambah kesan premium Xperia Z. Ditambah lagi dengan desain minimalis. Dan, Xperia Z memiliki kemampuan tahan air dan debu, sesuatu hal yang tidak dimiliki Samsung Galaxy S IV.

Kedua smartphone memiliki bentang layar 5 inci. Galaxy S IV memiliki dimensi 136.6 x 69.8 piksel dan Xperia Z berdimensi bodi 139 x 71 piksel. Sementara tipisnya, sama: 7,9 milimeter. Karena menggunakan bahan kaca, Xperia Z lebih berat yaitu 145 gram, sedangkan Galaxy S IV hanya 130 gram.

LAYAR
Galaxy S IV hadir dengan layar 5 inci full HD dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Ini sama dengan yang dimiliki Xperia Z. Kerapatan piksel Galaxy S IV adalah 441 ppi (sama dengan HTC One). Sedangkan Xperia Z memiliki kerapatan layar 443 ppi.

Jika Xperia Z menggunakan LCD TFT dengan 16 juta warna yang diperkuat dengan teknologi Mobile Bravia Engine 2, Samsung menghadirkan layar SuperAMOLED pada Galaxy S IV.

Layar 5 inci Galaxy S IV menggunakan material Gorilla Glass 3. Sedangkan Sony menyebut bahwa material kaca yang digunakan pada Xperia Z adalah kaca yang tahan lama dan antipecah. Beredar informasi, material tersebut adalah Dragontrail yang diklaim lebih tanggung dibandingkan Gorilla Glass.

PROSESOR
Xperia Z dibekali dengan prosesor empat inti Snapdragon S4 Pro Krait 1,5 GHz buatan Qualcomm. Ini merupakan prosesor yang juga digunakan HTC pada Butterfly dan LG Nexus 4. Untuk grafis, Sony menggunakan Adreno 320. Xperia Z dipadu RAM 2 GB.

Sedangkan Galaxy S IV menggunakan prosesor buatan Samsung yaitu Exynos 5 Octa 8-core dengan chipset Cortex-A15 percepatan 1,6 GHz ditambah lagi prosesor empat inti Cortex-A7 Krait 1,2 GHz. Untuk memproses grafis, Samsung mempercayakan pada PowerVR SGX 544MP3. Galaxy S IV menggunakan RAM 2 GB.

Dari sisi prosesor, Samsung Galaxy S IV lebih unggul dibandingkan Xperia Z.

RUANG PENYIMPANAN
Xperia Z memiliki ruang penyimpanan internal 16GB. Tapi ia mempunyai slot kartu memori eksternal hingga 32GB. Sedangkan Galaxy S IV memiliki tiga varian gudang penyimpanan, yaitu 16GB, 32GB, 64GB, yang juga masih bisa diperluas dengan kartu memori eksternal hingga 32GB.

KAMERA
Kedua smarphone ini menggunakan kamera belakang 13MP yang mampu merekam video full HD 1080p dan gambar beresolusi tinggi. Jika Xperia Z memiliki kamera depan 2.2MP, maka Galaxy S IV hanya 2 MP. Tapi keduanya bisa merekam video full HD.

BATERAI
Sony membenamkan baterai berkapasitas 2.330mAh (tidak bisa lepas) pada Xperia Z. Sedangkan baterai Samsung Galaxy S IV lebih besar yaitu 2.600mAh dan bisa dilepas. Namun, Sony menghadirkan fitur STAMINA untuk membuat baterai di Xperia Z tahan lama.

SISTEM OPERASI
Saat diluncurkan, Xperia Z menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean. Namun akan memperoleh pembaruan pada akhir Maret, begitu kabar yang beredar. Sedangkan Samsung Galaxy S IV, saat dipasarkan nanti akan hadir dengan OS Android 4.2.2 Jelly Bean. []

Share on Google Plus

About Xperia Indonesia

Blog yang dikelola oleh Komunitas Xperia Indonesia. Berdiri sejak Desember 2011, xperiakita.com menyajikan ragam info dan rumor mengenai Xperia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment